Deteksi dini menyelamatkan hidup

Skrining telah terbukti efektif dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada stadium dini, seperti kanker usus besar (colon), kanker mulut rahim (servik), dan kanker payudara.

Skrining bermanfaat dikarenakan ketiga jenis kanker di atas tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, jadi deteksi hanya dapat melalui skrining.

Kanker usus (colorectal), berkembang dari polip, maka pengangkatan polip adalah solusi logis untuk mencegah kanker ini. Skrining yg dilakukan adalah dgn FIT (Faecal Immunochemical Test) dan sigmoidoscopy / kolonoskopi, disarankan org yg berusia di atas 50 thn melakukan skrining ini setiap 10 tahun.

Kanker serviks, mendeteksi adanya kelainan sel-sel (sel abnormal) yg dapat di skrining melalui papsmear. Selain itu juga dilakukan tes HPV utk mendeteksi virus HPV subtipe high risk yg menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks. Bila terlihat adanya sel yg abnormal, maka dilanjutkan dgn kolposkopi untuk tindakan biopsi.

Kanker payudara, skrining yg dilakukan utk mendeteksi adanya benjolan. Mammogram dapat mendeteksi benjolan yg berukuran 1,1 cm (pemeriksaan payudara sendiri secara rutin hanya bisa mendeteksi benjolan dgn ukuran 2,1 cm). Semakin kecil ukuran benjolan g terdeksi, maka tindakan yg dilakukan semakin ringan.

Deteksi dini menyelamatkan hidup demi orang yg anda cintai.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s