Kasus penipuan Stem Cell 2

Seorang ibu, atas rekomendasi temannya, menghubungi saya ingin berkonsultasi ttg stem cell…

Suami dari ibu ini menderita COP (chronic Obstructive Pulmonary Disease) dimana mengalami sesak napas. Dari saran temannya dianjurkan utk mendapat terapi stem cell ke seorang dokter yg bekerja sbg dokter tamu di RS di bilangan Jakarta Selatan. Ibu ini menemui dokter tsb dan disarakan untuk langsung diberikan stem cell ke suaminya dan kemungkinan besar penyakitnya dapat disembuhkan. Syukurlah ibu ini cukup bijaksana untuk mencari informasi yg lebih dalam tentang stem cell sebelum menerima tawaran dokter tersebut.

COPD (chronic Obstructive Pulmonary Disease) adalah terjadinya gangguan aliran udara akibat adanya kerusakam pada paru dimana ditandai dengan gejala sesak napas, banyak sputum (reak), dan batuk, dengan berjalannya waktu gejala yg terjadi semakin berat.

Untuk kasus COPD, stem cell di negara maju masih dalam tahap uji klinis. Artinya belum dapat dikomersialisasikan. Hasil dari uji klinis ini juga belum ada tentunya shg sangat tidak etis apabila dokter atau RS tsb memberikan stem cell. Berhati-hatilah bagi para calon pasien yg diiming-iming kesembuhan dgn terapi stem cell yg msh belum jelas sumbernya.

Di Indonesia, stem cell yg sdh dapat dilayani adalah untuk Osteathritis lutut (dgn persyaratan) dan gagal jantung yg no option, dimana sumber stem cell berasal dari tubuh pasien sendiri (autologous).

Masih dalam penelitian stem cell untu jantung yg berasal dari donor manusia (allogenic).

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s