Kasus penipuan stem cell

Seorang wanita, 80 tahun, menghubungi saya menanyakan kondisinya. Beliau menderita parkinson dan osteoaerthritis.

Beliau, atas rekomendasi temannya, mendatangi sebuah rumah sakit di Jakarta Selatan untuk mendapatkan pengobatan stem cell. Seorang dokter di RS tersebut menyarankan untuk langsung suntik stem cell (hari itu juga)…alhasil setelah 3x suntik tidak ada perbaikan, bahkan pasien mengalami peningkatan tekanan darah dan “moon face”..(saya menduga yg disuntik adalah corticosteroid dosis tinggi).

Dari kasus di atas, hati-hati akan tawaran layanan stem cell dari pihak yg tidak bertanggung jawab. Perlu ditanyakan asal stem cell nya dan laboratorium yg mengelolanya.

Saat ini, satu-satunya laboratorium pengelola Stem Cell yg memiliki ijin resmi dari pemerintah, MenKes, adalah Laboratorium Regenic. Beberapa RS yg resmi ditunjuk oleh pemerintah (RSCM dan RSCM Kencana) sudah memiliki kerjasama dgn laboratorium Regenic ini untuk melakukan pengelolaan dan perbanyakan stem cell untuk kasus osteoarthritis pada lutut.

semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Kasus penipuan stem cell

    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Benar… mungkin diperlukan adanya delik aduan dari pasien yg jadi korban… tp sayangnya pasien tdk ingin memperpanjang urusan… Jadi berhati-hatilah bila ada tawaran terapi stem cell yg belum jelas.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s