Stem Cell (Sel Punca)

Belakangan ini berita tentang sel punca (stem cell) semakin marak, bahkan banyak jasa pelayanan kesehatan yg menawarkan terapi stem cell. Berikut ulasan singkat tentang stem cell, semoga berguna agar kita dapat menjadi konsumen yg cerdas dan bijak dan tidak mudah tertipu.

Dari sumbernya stem cell dapat dibagi 2, yakni autologous dan allogenic. Autologous adalah stem cell dari tubuh pasien sendiri sedangkan allogenic berasal dari orang lain. Bagian tubuh mana sajakah yg dapat diambil dan diproses stem cell-nya? Bisa dari sumsung tulang, lemak, darah, otak, embrio atau janin.

Di Indonesi dan beberapa negara di dunia, aturan tentang stem cell masih sangat ketat diatur oleh pemerintah. Di Indonesia, hanya 11 RS yg dapat memberikan layanan stem cell yg ditunjuk langsung oleh MenKes. 2 diantaranya menjadi RS pembina, yakni RSCM (Jakarta) dan RS Soetomo (Surabaya). Laboratorium pengelolahan Stem Cell yg sudah mendapat ijin resmi dari Menkes baru satu, yakni Laboratorium Regenic.

Sumber stem cell yg diakui dan diijinkan barulah stem cell autologous dan indikasi baru terbatas untuk osteoarthritis pada lutut dan gagal jantung yg ‘no option’, dimana bagian tubuh pasien yg diambil adalah sumsung tulang dan darah utk diolah dan diproses stem cellnya di laboratorium Regenic.

Diharapkan, bila ada tawaran stem cell buat mata, stroke, kecantikan, dll serta sumbernya yg tidak jelas, apalagi sumber dari hewan atau tumbuhan…harap hati-hati dan berpikir dua kali sebelum mengeluarkan kocek yg tdk sedikit alias mahal..

selamat jadi konsumen yg bijak..

2 thoughts on “Stem Cell (Sel Punca)

  1. reza

    Pagi dok…saya banyak baca di internet stem cell bisa digunakan utk terapi down sindrom, apakah benar hal tsb?
    Anak saya usia 2bln down sindrom dengan kelainan jantung (bocor), dimana saya dpt konsultasi kemungkinan terapi stem cell untuk putri saya?
    Terimakasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Down syndrome adalah suatu kelainan genetik di gen kromosom 21. Stem cell tidak dapat memperbaiki kelainan genetik ini.

      Semoga bermanfaat

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s