Efektifkah Vaksin sebelum dilakukan Tes HPV?

HPV (Human papilloma virus) dibagi 2, yakni low risk dan high risk. Subtipe yg high risk, yakni memiliki potensi terhadap kejadian kanker serviks, adalah HPV subtipe 16,18,31,33,35,39,45,51,52,58,59, dan 68.

Vaksin untuk pecegahan kanker serviks, hanya utk memproteksi subtipe 16 dan 18 dan bila seseorang sudah terinfeksi virus HPV high risk maka vaksin tidak efektif untuk menghilangkan virus yg sudah menginfeksi pasien (vaksin bersifat untuk mencegah BUKAN mengobati, perlu dicatat).

Untuk itu, vaksinasi sangat penting diberikan sebelum seseorang aktif melakukan hubungan seksual atau menikah, yakni pada usia menstruasi pertama sampai wanita sebelum menikah. Bila seseorang sdh menikah, maka sangat penting untuk dilakukan pemeriksaan HPV!, agar tidak memberikan harapan palsu bila ia sudah divaksinasi maka sudah terbebas dari HPV ini.

Satu-satunya cara utk mengetahui HPV subtipe high risk ini adalah dengan melakukan tes HPV. Mintalah kepada dokter anda utk memastikan anda bersih dari virus ini sebelum dilakukan vaksinasi, selain itu perlu dilakukan juga papsmear utk mengetahui apakah anda terbebas dari kanker serviks.

semoga bermanfaat

3 thoughts on “Efektifkah Vaksin sebelum dilakukan Tes HPV?

  1. Evy Halim

    Dr Sandi, Mau tanya apakah perlu dilakukan tindakan operasi untuk peranakan/kandungan yang turun? Terima kasih atas penjelasannya

    Evy Halim

    >

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Kandungan yg turun disebabkan karena ligamen utk memegang kandungan mengalami gangguan atau kelemahan, hal ini bisa disebabkan karena jumlah anak yg cukup banyak. Tindakan memang perlu dioperasi utk memperkuat ligamennya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s