Layanan Terapi Stem Cell di Indonesia

Selamat pagi Indonesia,

Kita turut berbangga, dikarenakan tahun ini, layanan berbasis stem cell sudah ada di Indonesia dan dilindungi oleh peraturan dari badan yang berwenang (Menteri Kesehatan dan BPOM).

Layanan stem cell yang ditawarkan, saat ini, hanya untuk 2 penyakit, yakni Osteorthritis dan Jantung (Infark) dan RS yang boleh melayani hanya RS pendidikan (teaching hospital), antara lain RSCM, RS Atma Jaya, Siloam Karawaci, UKI (Jakarta) dan RS lainnya di luar daerah. Rumah Sakit yang ingin menyediakan layanan ini harusnya mengajukan ijin ke Menteri Kesehatan.

Kita lihat bersama betapa sulitnya untuk suatu institusi kesehatan menyediakan layanan stem cell…Jadi, berhati-hatilah, apabila ada beberapa institusi / klinik, yang mengklaim bahwa mereka bisa melakukan layanan stem cell ini….

Semoga bermanfaat.
dr Sandy

121 thoughts on “Layanan Terapi Stem Cell di Indonesia

    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Stem cell (dalam bahasa Indonesia, sel punca) adalah bagian dari sel tubuh kita yang paling ‘murni’, dimana sel ini bertugas untuk memperbaiki segala kerusakan yang terjadi di tubuh, dikarenakan proses penuaan, penyakit, dll.

      Sekarang stem cell ini dapat dikembangbiakan dalam jumlah cukup besar diluar tubuh (sampai dalam jutaan – milyaran sel) dan sel yang telah dikembangkan ini akan disuntikkan ke bagian tubuh yang mengalami kerusakan sehingga bagian tubuh tersebut akan mengalami perbaikan.

      Semoga dapat dipahami dari penjelasan yang singkat ini.

      Balas
      1. doktersandy Penulis Tulisan

        Stem cell dapat digunakan untuk segala macam penyakit, namun hal ini masih perlu dibuktikan melalui uji klinis. Saat ini, banyak pihak yang kurang bertanggung jawab di dalam penggunaan stem cell, mereka meng-klaim dapat mengobati segala macam penyakit dan juga terutama untuk kecantikan dan anti aging.

        Indikasi yang sudah disetujui oleh pihak yang berwewenang di Indonesia adalah Stem Cell untuk pengobatan Osteoarthritis dan Jantung. Institusi Stem Cell and Cancer di Indonesia sedang mengembangkan stem cell untuk pengobatan Diabetes, Stroke, Penyakit Ginjal, dan sirosis hati. Semoga proses penelitian dan pengembangannya dapat berjalan lancar sehingga semakin banyak pasien yang dapat diobati dengan stem cell (tentunya yang sudah disetujui oleh BPOM dan MenKes).

        dr Sandy

    1. doktersandy Penulis Tulisan

      RS Ciptomangunkusumo (RSCM KENCANA) dgn dokter Andri Lubis SpOT. Untuk treatment stem cell autologous pada osteoarthritis lutut, ada beberapa syarat antara lain usia sebaiknya di bawah 55 tahun, maksimal 60 tahun karena pada usia yg lebih lanjut kualitas stem cell yg akan dikembangkan akan mengalami penurunan kualitas yg akan berdampak pada efektivitas dan keberhasilan pengobatan.

      Selain usia, akan dilihat grade atau derajat kerusakannya, bila sudah grade 4 maka tidak ada cara lain hsrus dilakukan Total Knee Replacement (TKR).

      Semoga bermanfaat.

      Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Diabetes adalah penyakit akibat menurunnya fungsi insulin dikarenakan produksi insulin di pankreas tidak ada (dikenal dg diabetes tipe 1, tergantung insulin) atau fungsi kerja insulin yg tidak optimal (diabetes tipe 2).

      Stem cell dapat dicoba, meskipun masih dalam uji coba. Saat ini ada RS yg sudah melakukan uji ini, antara lain di surabaya… Dan juga dalam beberapa bulan kedepan di Jakarta.

      Nama RS dan dokternya, maaf, saya belum bisa beritahu karena perlu konsultasi khusus.

      Balas
  1. Andi hasmiana

    ASsalamualaikum dok….sy bu mia dr makassar…sy mau taxa dok apa stem cell bisa dilakukan pd myasthenia gravis tuk anak sy yg baru berumur 2thun 7bulan dan sd 9 bulan kena myasthenia gravis…….

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Ysh bu Mia, Myasthenia Gravis adalah suatu penyakit auto-immune, dimana daya tahan tubuh menyerang tubuh sendiri, terutama di bagian syaraf. Stem cell memiliki sifat immunoregulatory… Dimana bisa memperbaiki gangguan imunitas ini. Terapi stem dapat dicoba, namun saat ini bukan merupakan terapi standard.. Jadi masih bersifat uji coba..

      Semoga bermanfaat.

      Balas
  2. Dwi Darmanto

    Dokter Sandy, Selamat Pagi,
    Hari ini [Senin 15 Juni 2015] saya menghubungi RSCM & RSCM Kencana untuk mendaftar sebagai pasien stem cell.

    Sempat Konsultasi dengan Dr Prima [Staff nya Dr Ismail (Orthopaedi) di penelitian stem cell]. Menurut info yang saya peroleh adalah sbb:
    ~ Dr Ismail adalah teman satu tim nya Dr Andri Lubis,
    ~ Stem Cell untuk Osteoarthritis sampai hari ini [15 Juni 2015] masih dalam tahap research; belum pelayanan resmi yang sudah melewati uji coba. Mohon maaf item ini kok kayaknya berbeda/bertentangan dengan tulisan Dokter di atas.

    Mohon advis.

    Salam hormat,
    Dwi

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Ysh Sdr Dwi,

      Utk layanan stem cell memang benar masih dalam tahap research (belum menjadi penatalaksanaan standard) di dunia, namun pelaksanaannya sudah dapat dilakukan di Indonesia. Dokter di RSCM Kencana harus mengatakan yg sebenarnya agar pasien dapat memahami risk dan benefitnya.

      Demikian penjelasan dari saya, semoga dapat dimakluminya.

      salam

      Balas
  3. Dian Hayati

    Selamat pagi dokter Sandy,

    Bapak saya (umur 68th) menderita gagal ginjal dan sirosis hati Dok, sdh 2 tahun ini beliau cuci darah 2x seminggu. Apakah penyakit ginjal dan hati ini bisa jg diterapi stemcell di Indonesia? Bila ada rumah sakit dan dokter mana yg bisa saya hubungi?

    Terima kasih u/ penjelasannya

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Siang bu Dian, utk terap stem cell pada sirosis hati dan gagal ginjal, bisa saja dicoba, namun hasilnya akan sangat sulit diprediksi utk kesembuhannya atau perbaikannya. Bila ibu Dian ingin mencoba, bisa hub dr Purwati di RS Soetomo Surabaya utk berkonsultasi. Semoga bermanfaat

      Balas
  4. eva

    Dear dr Sandi,

    Bisa kah sy mendapatkan info detil untuk pengobatan DM 1 dg terapi stem cell di Jakarta? Apakah penyembuhan bisa total secara fungsional (pankreas dapat bekerja kembali menghasilkan insulin), sehingga putri sy(usia 9th) tdk bergantung lagi dg suntikan insulin. Jika bisa, berapa kisaran biayanya? Tks atas penjelasannya

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Siang bu Eva. Pengobatan DM tipe 1 di Jakarta , sepengetahuan saya belum ada dokter yang mencoba sehingga data penyembuhannya juga masih belum jelas. Saya lagi coba pelajari artikel ilmiah dunia untuk ini. Nanti saya akan update lagi. Tks

      Balas
      1. eva

        Baik terima kasih infonya. Sy tunggu kabar baiknya ttg penyembuhan DM tipe 1. Namun sy pernah dengar rumor dr teman yg bekerja sbg jurnalis ttg adanya kerjasama RSPAD dg Jerman utk terapi stem cell di thn 2015 yang saat itu (pembicaraan th 2014) masih terkendala dg regulasi dr pemerintah. Apakah hal tsb (kerjasama RSPAD dg Jerman) benar dokter? Mendengar kabar baik spt itu, tentu sy sgt antusias menyambutnya. Tks

      2. doktersandy Penulis Tulisan

        Memang demikian bu Eva.. Sy jg mendengar hal itu, namun yg dibuat adl bukan stem cell. Utk penanganan diabetes tipe 1 dg menggunakan stem cell, tentu harus dicari dahulu siapa dokter dan RS yg bersedia melakukannya. Boleh tau, saat ini anak ibu ditangani oleh dokter siapa dan di RS mana? Apakah ibu pernah tanyakan ke beliau ttg stem cell?

  5. eva

    Putri sy ditangani oleh dokter Frida di RSCM. Pembicaraan tentang penyembuhan DM 1 pernah kami tanyakan thn lalu 2014 saat pertama kali ditegakkan diagnosa anak sy menderita DM tipe 1 akibat virus yg menyerang pankreasnya. Saat itu dikatakan terapi yg terbaik hanyalah insulin seumur hidup & harus mengontrol setiap hari kadar gula dlm darahnya (GDS),belum ditemukan obat penyembuhnya. DM1 hanya bisa dikendalikan,tidak bisa disembuhkan. Karena sampai saat ini upaya penyembuhan ttg DM 1 masih terus dilakukan penelitian. Kurang lebih spt dokter penjelasan dr dokter yg menangani anak sy.

    Balas
  6. indri

    Siang dokter,

    Saya ingin bertanya beberapa hal :
    1. Saya pernah mendengar stem cell dari buah, domba dan bahkan rusa. Apakah yang seperti itu memang dapat digunakan? Ada yang menawarkan tapi agak ragu sehingga searching dan dapat web dokter.
    2. Saya mempunyai keponakan berusia 6 bulan yang terlahir dengan jantung yang bocor. Lahir dari ibu yang menderita preeklampsia, dengan berat lahir 1,6 kg. Saat ini di usia 6 bulan dengan berat hanya kurang dari 6 kg. Apakah untuk mengejar pertumbuhan dan memperbaiki jantungnya dapat digunakan stem cell? Dimana bisa berkonsultasi dan dengan dokter siapa?
    3. Saya juga mempunyai keponakan anak inklusif dok dngan kecerdasan pada taraf borderline. Ketika hamil si ibu menderita tyhpoid pada usia kandungan 4 bulan. Apakah stem cell dapat digunakan untuk kondisi tersebut?

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Ysh Sdr Indri.. Utk pertanyaan no. 1, jangan percaya dgn stem cell dari binatang atau buah krn tidak bisa dipertanggungjawabkan keilmuaannya.. Utk no. 2, berat badan dan pertumbuhan yg kurang ini disebabkan karena kondisi jantungnya jd perlu dilakukan operasi.. Bisa dikonsultasikan ke jantung harapan kita, serta no.3..utk kecerdasan anak, tidak begitu membantu dg stem cell.. Semoga bermanfaat. Salam hormat

      Balas
  7. Rika

    Boleh tabya dok? Ibu saya diabetes sudah duntik insulin tiap harinperawatan di dok diabetes . Dan divonis gagal ginjal oleh dok rubin di klinik perisai husada bangung yg khusus ginjal… bisakah ibu saya terapi stemcell? Bagaimana prosedurnya bila ingin konsul dan pemeriksaan lebih lanjut?

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Ysh bu Rika.. Utk kasus diabetes, ada beberapa pasien yg cukup memberikan hasil yg baik.. Ttp utk gagal ginjal masih blm ada hasil yg memuaskan. Berapa usia ibu?

      Balas
  8. bustan

    Mohon infonya dok, untuk leukimia presantase keberhasilan dg stem cell kira2 brap dok ya? ap ad alamat email atau semacamx dr.purwati ya dok?

    Terima kasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Utk lekemia , layanan transplant stem cell, cukup byk manfaat.. Setahu sy di Singapore. Di Indonesia blm bisa.. Tindakannya secara awam, diambil sumber sumsum tulang belakang , lalu dibiakan stem cell nya selama pasien menjalani kemo terapi masif yg menghancurkan semua sel yg ada di sumsum tulang.. Kondisi harus super steril krn dlm keadaan ini daya tahan tubuh pasien di titik nol.. Infeksi sedikit spt flu bisa fatal akibatnya.. Lalu stem cell yg dibiakan dimasukkan kembali ke tubuh pasien utk menumbuhkan sel2 baru yg bersih dari kanker..

      Balas
  9. rosita silitonga

    Siang dok,
    Suami sy terserang stroke yg tergolong ringan. Tp dia sering kesakitan bagian tangan. Apakah ada stem cell utk stroke
    Tetimakasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Stem cell utk stroke, sdh ada beberapa yg mencoba dari adipose MSC autologous.. Mgk bisa dicoba, cuma harga masih cukup mahal .. Diatas 150 jt.. Semoga bermanfaat buat bu Rosita..

      Balas
  10. feli

    anak saya 4th terkena cerebral palsy sejak lahir, riwayat prematur, bisakah dg stem cell? di indonesia apakah ada yg sdh bs melakukannya? mohon jika ada contact yg bs sy hubungi trma ksh dok.

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Sore bu Feli.. Anaknya usia berapa ? Apakah ibu ikut cord blood banking? Ada 1 kasus CP dimana menggunakan tali pusat anak sendiri, hasilnya sangat menggembirakan.

      Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Halo sdri Ivo.. Pengobatan down syndrome dgn terapi stem cell masih dalam uji coba dan hasilnya cukup baik untuk memperbaiki IQ dan mental bayi.. Namun, perlu diperhatikan jenis stem cell yang manakah yg diberikan dalam uji coba ini? Stem cell yg diberikan berasal dari otak bayi yg telah meninggal (neuro stem cell), namun ada juga penelitian dgn menggunakan stem cell yg berasal dari tali pusat.. Bila bayi tersebut pernah disimpan dalam darah tali pusatnya di perusahaan banking darah tali pusat, maka akan sangat bagus untuk dicoba. Semoga bermanfaat!

      Balas
  11. puri febrianti

    Dok.apa stemcell bisa utk penderita thalasaemia?..krn ada rekan sesama thalasaemia sedang menjalani terapi stem cell melalui proses seperti transfusi darah di RS.MCC lamongan..sehubungan dg biaya terapi yg cukup mahal,kira2 brp % utk faktor keberhasilan terapi stemcell terhadap penyandang Thalasaemia??…kebetulan jg ke dua anak saya thalasemia mayor.. Mohon pencerahanya..trima ksih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Selamat malam bu Puri, mungkin ditanyakan jenis stem cell yang diberikan.. Apakah benar stem cell karena sampai saat ini belum pernah ada stem cell yg dicobakan untuk kasus thalasemia melalui infus biasa secara langsung (sedang dalam research, dilakukan melalui transplantasi, bukan melalui cara infus biasa) dan Coba ditanyakan sumbernya dan sertifikat analisisnya… Semoga bermanfaat.

      Balas
      1. aflaza

        Klo dr info teman yg terapi..jd ortu diambil darahnya ,kmudian dipilih stem cell dr darah ortu trsebut..setelah diproses..kmudian ditransplantasikan ke si penderita (anak thalasemia)..seperti transfusi..
        Baik dok,saya akn menggali infomasi lebih detail lg..
        Oh ya dok,kemudian jenis stem cell apa yg bisa digunakan utk thalasaemia..?
        Trima ksih

      2. doktersandy Penulis Tulisan

        Jenis stem cell nya jenis hematopoietic mesenchymal stem cell dan setahu saya di Indonesia belum ada yang dapat membuatnya.. Transplantasi yang dimaksud bukan dgn cara transfusi biasa tetapi transplantasi sumsum tulang (dilakukan mirip seperti pengobatan kanker darah). Salam

  12. ZAENAL

    ASS.sy ingin menanyakan info terapi stem cell untuk terapi diabetes di rs dr soetomo.bisa bapak dokter kasi kontak person yg bsa diakses untuk dapt info terapi stemm cell untuk diabetes

    Balas
  13. Rizki Zakiah

    Selamat siang dok. Saya ingin menanya info untuk pasien dgn gangguan mental organik pasca kecelakaan, apakah bisa diterapi dgn stem cell? Jika saya ingin berkonsultasi di RSCM mengenai terapi stem cell, saya harus menemui dokter siapa?

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Selamat siang pak Rizki, bisa ditanyakan ke Prof Teguh Ranakusuma, ahli syaraf. Bila menggunakan stem cell perlu cek kualitasnya.. Coba bpk baca-baca ttg Regenic..

      Balas
  14. edi

    saya usia 63 th dg jantung EF 40 % , pernah stemi 2 iskemik , dan pasang ring (PTCA) 4 buah di LAD , LCX dan RCA apakah masih bisa therapy dengan sel punca ? mohon info berapa kira kira biayanya

    Balas
      1. Ghea abigael

        Dok saya dm tipe 1 mau k rscm konsul ttg stem cell saya harus menemui siapa dok… kebetulan sy dr garut mau k jakarta bsok dini hari….

      2. doktersandy Penulis Tulisan

        Mungkin bisa ke RS Mitra Keluarga Kemayoran, dgn dr Eliana SpPD DM.. Beliau juga memahami ttg Stem Cell.. Semoga bermanfaat

      3. Ghea abigael

        Saya sudah pernah bertemu dok purwati dok.. dan saat itu disuruh sembuh dulu karna sy mengidap hep B … apa utk stemcell sy harus benar2 sembuh atau sampai virusnya 0 sj.. kmrn tes hbv dna virusnya 700

      4. doktersandy Penulis Tulisan

        Oo.. Betul.. Krn proses stem cell di dalam lab nanti sebaiknya virusnya 0 krn bila tidak maka dikhawatirkan mengkontaminasi lab nya.. Sdh dikasih obat apa utk hep B nya? Sebaiknya diobati dulu ke dokter spesialis hati

      5. Ghea abigael

        Sedang diobati .. sudah dberi obat sebivo lalu hepsera lalu baraclude dan skr ricovir.. jd saya tunggu dl sampai 0 ya dok … jd gk usah nunggu sembuh tp nunggu virus sampai 0 gt ya dok? Berarti sy gk usah konsul dl k jakarta dok?

  15. nugraha abas

    Saya mengalami osteoartritis grade 2, bulan kemarin saya menjalani edros copi, terus suntik steroid 5x suntik. Kira – kira masa penyembuha berapa bulan setelah endroscopi itu? Karena sampai sekarang lutut saya masih terasa sakit, tindakan apa selanjut nya?

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Berapa interval waktu antara pemberian corticosteroid yg Bp dapatkan? Bila masih sakit sebaiknya kembali ke dokter spesialis orthopedic.. Pemberian kortikosteoid biasanya dapat mengurangi atau menghilangkan sakit ttp bila masih belum berkurang mungkin diberikan alternatif pengobatan lain, seperti PRP kombinasi SVF.

      Balas
  16. nugraha abas

    Saya mengalami osteoartritis grade 2, bulan kemarin saya menjalani edros copi, terus suntik steroid 5x suntik. Kira – kira masa penyembuhan berapa bulan setelah endroscopi itu? Karena sampai sekarang lutut saya masih terasa sakit, tindakan apa selanjut nya?

    Balas
  17. nugraha abas

    Saya penderita OA grade 2, saya sudah melakukan endroscopi dan Injeksi osflex seminggu 1x pmberian selama 5×
    Saya sdh melakukan injeksi 4x dan terakhir minggu ini.tapi sampe saat ini belum ada perubahan masih terasa sakit dan ngilu. Jadi yang mau saya tanyakan setelah edroscopi dan pemberian injek osflex 5x berapa lama bisanya masa penyembuhannya?

    Balas
  18. Anita

    Malam dok, saya mau tanya dulu pernah diundang acara yg diadakan di Jakarta oleh RS dari China yang menawarkan stem Cell dari tali pusat bayi. Waktu itu saya tanya utk rejuvinating/ estetik alias awet muda. Apakah benar stem sel bs mencegah penuaan bahkan memperbaiki tampilan? Lalu apakah di Indonesia sudah tersedia? Biayanya sekitar brp ya dok? Terima kasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Malam Sdri. Anita. Stem cell dibagi 2 macam, allogeneic stem cell (itu berasal dari org lain dan jenis ini dianggap sebagai obat dan perlu diperhatikan keamanannya) dan jenis kedua autologous yg berasal dari diri kita sendiri. Di Indonesia, autologous stem cell sudah ada, berasal dari lemak kita dan ada juga yg berasal dari sumsum tulang kita. Utk ageing, yg menganjurkan yg berasal dari lemak. Biaya berkisar 200 juta utk 4 kali pemberian dgn interval 6 bulan.

      Balas
  19. Febrianus Christianto

    dok,saya penderita paraplegia. mulai dari batas dada sampai ujung kaki saya tidak dapat merasa dan bergerak.. saya menderita cedera pada tulang belakang karena kecelakaan sepeda motor 2 tahun yang lalu.. apakah stem cell dapat membantu pemulihan edera saya???

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Hi.. Saat ini ada pelayanan stem cell utk spinal cord injury di RS Fatmawati dgn dokter Fritz Neuro dan dr Lutfi SpOT. Menurut saya bisa dicoba

      Balas
  20. Adji permana

    Dokter Sandi yth,
    Mohon informasi utk Rumah sakit atau dokter yang dapat mengobati dengan Stem cell utk penyakit Diabetes dan ginjal, sampai umur berapa seseorang dapat diobati dg stemcell, terimakasih.
    Wassalam
    Adji permana

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Selamat siang Bp Adji, saya ada kenalan dokter bedah plastik yang akan menangani pengambilan stem cell dari sumber lemak dan beliau punya kolega untuk dokter diabetesnya. RS nya adl Royal Progress Sunter dan dokternya adl dr Tommie. Thx

      Balas
  21. Riyan

    Assalamualaikum, dokter, saya mau tanya, sekarang ini kakak saya habis kecelakaan yg mengakibatkan patah tulang belakang dan mengakibatkan lumpuh dari dada sampai kaki, apakah dg terapi stem cell bisa di sembuh kan sperty semula, dan kira 2 butuh berapa waktu untuk bisa mobilisasi lagi, salam kenal dan aku ucapkan terima kasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Yth Sdr/sdri Riyan, saya turut prihatin atas kejadiaan yang dialami kakak. Untuk terapi stem cell, perlu dilihat seberapa besar derajat kerusakan yang dialami dan untuk itu sdr/sdri bisa berkonsultasi ke dokter SpOT di RS Fatmawati, dgn dr Luthfi Gatam. Semoga dapat membantu. Salam

      Balas
  22. Joko Pitoyo

    Selamat Sore Dok,

    Apakah stemsell hanya untuk orang yang sudah menerita penyakit, bagaimana kalau orang yang pernah mengalami sakit ginjal dan ingin terapi stemcell untuk mencegah resiko gagal ginjal apa diperbolehkan, kalau disurabaya dimana? terimakasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Halo Sdr Joko. Salam kenal. Sebelumnya saya ingin tanya sakit ginjal yang dialami sdr, apakah karena infeksi, batu, atau apa ya? Stem cell baik untuk me’reset’ sistem seluruh organ tubuh kita dan tidak hanya terbatas pada ginjal. Untuk di Surabaya, sampai saat ini, proses pembiakan stem cell yang baik dan mendapat ijin pemerintah belum ada. Semoga dapat membantu. Salam

      Balas
      1. Joko Pitoyo

        Terimakasih dok atas jawaban, untuk sakitnya dulu tahun 2009 saya pernah mengalami sakit kolik dibagian ginjal kanan karena sering duduk dan jarang minum, namun setelah saya terapi air putih kemudian normal lagi, kemudian 2tahun terakhir ini saya sering mengalami pusing, mata agak kabur, mudah capek, muncul suara ditelinga kiri, sering sakit kepala dan tensi darah sering 69/100 (rendah), untuk fungsi ginjal dari hasil yg saya lakukan selalu normal creatinin kadang 0,8, 1, 0,9, 1 dan pernah 1,3 waktu minum antibiotik selama 6 bulan, namun terakhi saya cek puasa kemarin 1 dan ureum 15.7, hasil diatas saat saya melakukan diet rendah protein
        Kira2 dr hasil penjelasan tsb ada indikasi gagal ginjal kronis atau tidak?

      2. doktersandy Penulis Tulisan

        Halo Sdr Joko. Dari cerita sdr, kolik yg terjadi kemungkinan disebabkan adanya batu ginjal, apakah sudah dilakukan foto rontgen? Untuk hasil laboratorium, memang semua dalam batas normal saat ini, namun tidak ada salahnya utk di cek kembali untuk melihat apakah ada batu ginjal atau tidak, karena seringkali bisa menyebabkan kerusakan pada salah satu ginjal yg disebabkan oleh batu meskipun hasil lab masih normal. Semoga bermanfaat.

      3. Joko Pitoyo

        Terimakasih Dok atas jawabannya, saya sudah melakukan USG 3x dan hasilnya normal semua, untuk nilai rujikan creatini yang saya pakai adalah batas bawah 0.6 – 1.1, apakah nilai creatini 1 dengan kondisi diet rendah protein tidak terlalu tinggi? kira2 saran dokter makanan apa yang bagus untuk menguatkan ginjal? agar ginjal saya kembali normal…

        Terimakasih,
        Salam
        Joko Pitoyo

      4. doktersandy Penulis Tulisan

        Halo Sdr Joko. Kadangkala batu ginjal tidak terdeteksi dengan USG, ada beberapa jenis batu yg tidak bisa dikihat dgn USG, sebaiknya juga dilakukan Rontgen. Utk makanan, sebaiknya tidak terlalu banyak mengandung protein. Kondisi ginjal dari hasil lab masih normal.. Bgm dgn hasil lab lain? Spt gula darah, kolesterol, dll? Usia sdr Joko berapa? Salam

      5. Joko Pitoyo

        Terimakasih dok atas jawabannya, terimakasih sarannya Insyallah akan kami cek dengan rontgen, gula darah cenderung rendah saya penah 60, dan puasa 126, sekarang antara 98-100, asam urat normal 5-6, koleterol 140-160, BJ urin 1.005 HB 14,5,

        itu adalah hasil lab terakhir..

      6. Joko Pitoyo

        Usia saya sekarang 37Tahun, apa menurut dokter saya perlu cek ulang ke dokter, dr spesialis apa?

  23. hengky siswanto

    dok,mau tanya RS.Dr Soetomo Surabaya apakah sudah melayani pasien Spinal Cord? iki adik daya kecelakaan mobil sudah 1,5 th perkembangan nya sebetulnya ada. tp terkesan lambat. pdhal itu sudah terus menerus di physiotherapy dan juga terapi kolam dok. cedera di tulang C4. dan hasil operasi bagus. tp ada penekan sperti memar di jalur Spinal Cord persis d tulang C4 nya di hasil MRI yang pertama kali waktu kecelakaan itu. tp setelah 1,5th ini ato baru2 ini saya MRI lgi memar nya itu msh ad tp sudah agak mengecil ato memudar. beeda dengan hsl MRI yg pertama kali. mohon di jawab Dok, bilamana ada saran atau masukan. Trima kasih..

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Halo sdr Hengky.. Terapi stem cell untuk kasus Spinal Cord Injury, masih dalam tahap penelitian. Saat ini, RS Fatmawati di Jakarta sedang melakukannya, dan beberapa pasien masih dalam pengawasan untuk melihat perkembangannya. Sdr Hengky bisa menghubungi RS Fatmawati, dokter yang melakukannya adl dr Lutfi Gatham SpOT. Utk stem cell, perlu diperhatikan kualitas pengolahannya dan saat ini di Surabaya belum ada satupun fasilitas yang sudah mendapat ijin dari BPOM dan Menkes untuk dapat mengelola stem cell.. Salam

      Balas
      1. sinta

        Selamat malam dok, saya mau tanya, sebenarnya saya berminat ikut terapi stemsel untuk gagal ginjal kronis dan sudah beberapa kali cuci darah, yg saya mau tanyakan kalau di surabaya (dr. Soetomo) atau jakarta (rscm) saya harus menemui siapa untuk berkonsultasi lebih lanjut. Dan bagaimana stemsel untuk gagal ginjal sendiri ?terima kasih dok.

      2. doktersandy Penulis Tulisan

        Selamat malam bu Sinta. Utk stem cell pada gagal ginjal kronis, saat ini baru terbukti pada kasus transplantasi ginjal dimana dgn stem cell dapat mengurangi prmakaian obat imunosupresan. Utk pemakaian stem cell pada gagal ginjal sendiri sebenarnya tidak memperbaiki kerusakan fungsi ginjal yg ada tetapi bisa memperbaiki kualitas hidup. Bu Sinta tinggal dimana? Tks

  24. meylani

    dok sya mau tnya stem cell bisa kah utk sindrom nefrotik?
    baiknya di rscm atau rs. soetomo?
    biasanya biaya nya sekitran brp dok?
    persentese kesembuhan nya brp persen?

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Halo sdri Meylani.. Sindrome nefrotik adalah kerusakan pada ginjal, tepatnya dibagian glomerulus (saringannya). Penyebabnya bisa macam2.. Apakah stem cell bisa memperbaikinya? Sampai saat ini belum ada bukti keberhasilannya.. Sebaiknya perlu dipertimbangkan kembali utk terapi stem cell, selain harganya mahal dan juga akan memberikan harapan semu. Semoga bermanfaat.

      Balas
  25. bayu andri

    dok untuk pasien thalasemia rumah sakit mana yng bisa melakukan stem cell.. adik saya umur 1,5thun.. mohon infonya..

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Dear sdr. Bayu, utk thalasemia, stem cell bukan obatnya.. Jangan sampai merugikan diri.. Thalasemia adalah penyakit bawaan dan tidak bisa diatasi dg stem cell. Sy tau banyak yg menawarkan stem cell bahkan dari para sejawat saya.. Semoga bermanfaat.

      Balas
  26. Titisngesti

    Dok apakah steam cell juga menjanjikan untuk pengobatan kankernpayudara dan apakah sudah ada yang pernah berhasil pada kasus ini

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Ibu Titisngesti ysh,

      Ada 3 macam terapi kanker payudara yg dilakukan saat ini , Chemoterapi, Immunotherapy, dan anti hormon aestrogen, selain operasi tentunya. Utk stem cells, tidak pernah dilakukan dan berbahaya. Mengapa? Karena dikhawatirkan Stem Cell akan memicu pertumbuhan kanker yang ada. Bila ada tawaran utk terapi stem cell sehingga menyembuhkan kanker payudara, sebaiknya sangat dipertimbangkan risikonya yg dapat membahayakan. Semoga bermanfaat.

      Balas
    2. Joko pitoyo

      Kakak perempuan saya dulu pernah mengalami kaker payudarah, sembuh sampai skr, dl berobat di malaysia dg seorang ahli pengobafan china… Dilanjutkan dg minum ramuan sarang semut…

      Balas
  27. ratih fhatmawati

    Pagi dok,saya mau tanya apakah stemcell untuk gagal ginjal kronis sudah ada di indonesia,klo ada d rs mana,tante saya usia 40 th sudah ggk dan cuci darah awal pertengahan agustus kemarindan kemarin sudah di lakukan op cimino,sbg informasi tante saya berdomisili di tangerang

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Malam bu Ratih.. Utk mengobati dan menyembuhkan ggk, stem tidak bisa.. Namun utk mempertahankan kondisi fisik yg rusak akibat ggk, stem cell bisa dicoba.. Jgn percaya begitu saja dgn mereka yg menawarkan stem cell dg memberikan janji kesembuhan. Semoga bermanfaat..

      Balas
  28. Tono

    dok, mau tnya bgimana dgn ‌Guangzhou Meyo Stem Cell Hospital‌ yg menawarkan pengobatan gagal ginjal dgn stem cell apakah dibisa dipercaya?, tq

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Siang sdr Tono,
      Saya pribadi tidak menganjurkan utk terapi stem cell disana karena utk gagal ginjal belum ada bukti stem cell dapat mengembalikan ginjal yg sudah rusak kembali normal.. Itu hanya memberikan harapan kosong bagi pasien. Semoga bermanfaat dan bijaksana dalam memilih.
      Salam

      Balas
  29. santo

    Stem cell bisa untuk penyembuhan luka hitam(memar/lebam) karena jatuh di kamar mandi pada orang dengan bakat autoimun (ANA IF positif tapi ANA PROFILE negatif semua) ga Dok?Kata Dokter waktu saya periksa dulu karena bakat autoimun inilah yang bikin luka saya lama sembuhnya.Kalau bisa ke dokter siapa?rs mana?kisaran harganya berapa Dok?
    Terima kasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Yth Sdr Santo.. saya curiga trombosit sdr. dibawah normal shg terjadi luka lebam seperti ini (dikenal dgn nama ITP : Idiopathic Thrombositopenic Purpura). Apakah ada nilai laboratorium thrombositnya?

      Balas
      1. santo

        Nilai trombosit saya 584.000/cmm (maaf Dok kurang 0 nya). Sudah pakai salep dari dokter kulitpun belum sembuh juga.

      2. doktersandy Penulis Tulisan

        Berarti nilai lab trombosit justru sangat tinggi melebihi normal ya..? Apakah sudah tes untuk autoimmune nya? Apa saja tes yg telah dilakukan? Apakah sebelumnya punya riwayat luka lebam ini?

      3. santo

        Saya sudah tes autoimunnya. Saya tes semuanya sklerosis, lupus, sjogren, dll. Tapi semuanya negatif dok. Luka lebam ini muncul waktu saya jatuh di kamar mandi Dok sebelumnya saya belum pernah lebam separah ini

      4. doktersandy Penulis Tulisan

        Bila demikian, bisa disingkirkan adanya penyakit autoimmune. Bisa kemungkinkan terjadi perdarahan di bawah kulit dan biasanya dlm keadaan normal akan menghilang dgn sendirinya.. sdh berapa lama lebamnya? Apakah tidak ada pengurangan? Sdh mencoba Thrombophop gel?

      5. santo

        Sudah 6 bulan Dok. Saya sudah pernah pakai Trombophop gel tapi lebam dan kulit disekitarnya jadi merah dan terasa panas. Kira2 butuh waktu berapa lama Dok sampai kaki saya kembali seperti semula?kalau stem cell untuk lebam seperti ini bisa?rs mana dan kisaran harganya berapa Dok?

      6. doktersandy Penulis Tulisan

        Stem cell tidak memperbaiki lebam tetapi akan memperbaiki kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pertama-tama harus dicari tahu dulu penyebab terjadinya lebam yg begitu lama ini.. apakah ada patah tulang, dll..

        Utk stem cell sendiri, kisaran harga antara 100 – 200 juta.

        Apakah sudah kedokter ahli darah?

      7. santo

        Sudah 6 bulan Dok. Dan lebamnya sedikitpun tidak memudar. Saya sudah pernah pakai Trombophop gel tapi lebam dan kulit di sekitarnya jadi merah dan terasa panas. Kira2 butuh waktu berapa lama sampai kaki saya kembali seperti semula Dok? Kalau stem cell bisa menyembuhkan luka lebam seperti ini? Kalau bisa di rs mana dan kisaran harganya berapa Dok?

      8. santo

        Saya sudah rontgen tapi tidak ada tulang yang patah. Saya belum ke dokter ahli darah selama ini saya hanya ke dokter kulit dan penyakit dalam. Maaf Dok kenapa saya perlu ke dokter ahli darah? Jadi untuk menghilangkan lebam ini saya harus bagaimana Dok?

      9. doktersandy Penulis Tulisan

        Ke ahli darah untuk di cek apakah ada kelainan pembekuan darah.. seperti faktor VIII, atau von Willebrand factor, atau factor IX.. Apakah sdr. minum obat pengencer darah atau omega-3.? Sementara di kompress es dulu

      10. santo

        Saya tidak minum obat pengencer darah ataupun omega 3 Dok. Jadi saya sebaiknya ke dokter ahli darah dulu ya?dikompres es berapa menit Dok?sehari berapa kali?memang masih bisa dikompres es soalnya lebamnya kan sudah 6 bulan Dok?

  30. Eliz

    Siang dok, saya mau tanya apa stem cell bisa untuk mengobati anak penderita down syndrome? Keponakan saya usia 3 tahun mengalami down syndrome sampai sekarang blm bisa bicara dan berjalan normal. Ada yg merekomendasikan suntik stem cell di Dr. Indah Yulianto… Mohon masukan nya dari dokter, makasih sebelumnya.

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Siang sdr/sdri Eliz.. setahu saya, Dr yg menawarkan pengobatan DS ini tidak menggunakan stem cell, ttp conditioned medium dan perlu diperhatikan karena produk CM ini belum ada approval dari BPOM…
      Utk DS, ini adalah kelainan kromosom 21, dimana stem cell tidak dapat memperbaiki kelainan ini.

      Stem cell akan memperbaiki kondisi tubuh pasien secara umum.

      Semoga bermanfaat.

      Balas
      1. Eliz

        Dr Indah Yulianto spkk domisili solo bukannya salah satu peneliti stem cell ya dok? Makasih sebelumnya untuk masukannya dok…

      2. jiwa

        Hai Dr. Sandi. Saya menderita keracunan otak atau Toxic Induced Brain damage yang menyebabkan saya tidak bisa tidur lagi. Saya juga tidak bisa menjadi donor untuk saya sendiri. Apakah ada klinik stemcell bank yang menyediakan pluripoten cell (sell fetal atau embrionic) di Indonesia? Kalau ada dimana ya? Kalau belum, apkah ada alternative?

        Terimakasih

      3. doktersandy Penulis Tulisan

        Dear Sdr Jiwa..

        Sampai saat ini belum ada stem cell bank yg menyediakan stem cell dari fetal atau embrionik, disamping tidak diperbolehkan oleh agama juga stem cell jenis ini berbahaya karena dapat menyebabkan kanker (teratoma). Semoga berguna.

        Salam

  31. yoyo

    dokter sandy yth, saya pria 35 tahun pastin gagal ginjal kronis, saya telah 3 tahun lebih cuci darah seminggu 2x,saya tertarik sekali dg metode stemm cell ini,dimanakah sebaiknya saya berkonsultasi bapak?, terimakasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Yth Sdr Yoyo,
      Stem cell untuk gagal ginjal kronis sampai saat ini belum ada untuk mengembalikan fungsi ginjal yg telah rusak (gagal). Satu2nya cara adalah dgn transplantasi ginjal.
      Stem cell dapat membantu untuk mengurangi atau menghilangkan reaksi penolakan pada kasus transplantasi organ, termasuk ginjal.
      Semoga bermanfaat.

      Balas
  32. Mas amin

    Malam, dokter. Bagaimana dengan terapi stem cell untuk kasus patah tulang belakang atau Sci. Apa sudah ada hasilnya? Dan kira kira saya harus ke RS mana dan dokter nya siapa, yg bisa menanganinya! Trimakasih dokter, sandy

    Balas
  33. Anida Irma Ardiana

    Yth, dokter sandy
    doker, apakah ada peringatan untuk penyakit tertentu yang tidak dianjurkan untuk melakukan stem cell? misalkan seperti penderita infeksi, atau gangguan autoimun… kalau boleh tau alasannya kenapa ya dok?

    Balas
  34. Afifah

    Salam dok,
    Saya mempunyai teman perempuan yang berusia 20tahun dan menderita osteoarthritis pada salah satu lututnya, apakah dapat dilakukan terapi stemcell dok? Jika di sekitar jabodetabek bisa dilakukan dimana saja dan perkiraan biayanya hingga berapa dok?
    Terimakasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Salam sehat juga bu..

      Stem cell untuk kasus osteoarthritis, terutama mereka yg masih muda, tentu bisa. Namun saya curiga lebih ke arah Rhematoid arthritis, krn usia masih sangat muda.

      Bisa konsultasi ke ahli tulang, ortopedi, dr Andri Lubis di RS Medistra.

      Salam sehat

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s