Nyeri perut, radang usus buntu?

Minggu ini, keponakan saya mengalami nyeri perut di bagian bawah. Ketika diperiksakan ke dokter, ada tanda nyeri yg cukup khas seperti radang usus buntu. Hasil laboratorium darah tidak begitu khas adanya tanda infeksi akut. Saya masih menduga adanya radang usus buntu akut (apendisitis akut). Untuk itu, saya minta dirawat.

Tanda-tanda apendisitis akut adalah demam tinggi, nyeri tekan perut kanan bawah, dan bila kaki diangkat dalam posisi berbaring maka akan terasa nyeri di bagian perut kanan bawah (usus buntu terletak di perut kanan bawah).

Setelah diobservasi lebih lanjut, keponakan saya sudah sembuh, dan ternyata nyeri perutnya disebabkan oleh karena buang air besar yang tidak lancar dan setelah kotorannya dapat dikeluarkan rasa nyeri perutnya membaik. Namun perlu diketahui bahwa salah satu penyebab dari radang usus buntu adalah buang air besar yang tidak lancar sehingga kotoran (tinja) menyumbat di daerah sekitar usus buntu (fekalit). Karena itu pentingnya kita dapat buang air besar secara teratur dengsn cukup minum air putih, makan buah dan sayuran yg berserat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s