Perbandingan Kolesterol sebagai Prediksi terhadap Risiko Penyakit Jantung!

Seringkali kita mendengar, “berapa LDL dan HDL anda?.. LDL, kolesterol jahat dan HDL, kolesterol baik..”. Benar sekali, kontrol kolesterol secara teratur (sebaiknya setiap 6 bulan sekali) adalah hal yang baik, namun apakah anda pernah mengetahui bahwa perbandingan antara Total Kolesterol dan HDL jauh lebih penting dan bermakna terhadap risiko timbulnya penyakit jantung.

Untuk mengetahui apakah anda memiliki risiko penyakit jantung, menghitung perbandingan Total Kolesterol dan kadar HDL memberikan informasi yang bermanfaat.

Perbandingan yang paling optimum dimana seseorang “aman” terhadap risiko penyakit jantung adalah 3.5 : 1. Semakin tinggi perbandingannya, maka akan semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung. Demikian juga sebaliknya, semakin rendah perbandingannya maka akan semakin rendah juga risikonya.

Contoh :
Seseorang memiliki total kolesterol 200 mg/dL dan kadar HDL 50 mg/dL. Maka orang ini memiliki perbandingan kolesterol 4:1. Pertahankan agar perbandingan kolesterol anda tidak melebihi 5:1
. Perlu diperhatikan bila seseorang memiliki total kolesterol 200 mg/dL (normal) namun kadar HDL 25 mg/dL (rendah), maka perbandingannya adalah 8:1 dan orang ini memiliki risiko penyakit jantung yang cukup tinggi dan perlu pengobatan ke dokter.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s