Manfaat cinnamon pada pasien diabetes

Ada 2 jenis Cinnamon : Ceylon dan Cassia, keduanya berasal dari kulit pohon kayu manis . Jenis Cinnamon Ceylon tumbuh di Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan India Barat, sedangkan Cinnamon Cassia tumbuh di Amerika Tengah, China, dan Indonesia.

Cinnamon terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2 (BUKAN Tipe-1). Dalam suatu penelitian yang telah dipublikasi dalam jurnal Diabetes tahun 2003, dimana 60 pria dan wanita penderita diabetes tipe-2 yang mengkonsumsi obat diabetes. Para partisipan diminta untuk minum Cinnamon Cassia dan placebo selama 40 hari. Setelah itu, kadar gula darah diukur dan terjadi penurunan kadar gula antara 18% – 29%.

Peran Cinnamon di dalam menurunkan gula darah adalah dengan menurunkan resistensi insulin. Sebagaimana kita tahu, diabetes tipe-2 terjadi karena kerja insulin tidak efektif di dalam menurunkan kadar gula darah.

Dalam penelitian ini, Cinnamon juga memiliki efek menurunkan kadar Trigliserida dan Kolesterol LDL. Sedangkan pada plasebo tidak terjadi penurunan dari kadar glukosa dan trigliserida.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s