Subtipe HPV Berisiko Tinggi Kanker Leher Rahim

HPV (Human Papilloma Virus) adalah virus yang terbukti sebagai biang keladi penyebab kanker serviks (93%). Ada sekitar 100 subtipe HPV, namun sekitar 14 subtipe yang memiliki risiko untuk terjadinya kanker serviks (subtipe 16, 18, 31, 33, 35, 45, 51, 52, 56, 58, 59, 66, 68)

Subtipe HPV no 16 dan 18 terbukti adalah subtipe yang menjadi penyebab kanker serviks (70%). Untungnya sudah ada vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan terhadap kedua subtipe ini (16 & 18), namun sangat penting untuk diketahui bahwa untuk subtipe lainnya (30% penyebab kanker serviks) vaksinasi tidak dapat memproteksi, sehingga kemungkinan kanker serviks yang disebabkan subtipe ini masih ada. Karena itu haruslah anda tetap melakukan pemeriksaan HPV agar bisa terdeteksi dini ketika anda terinfeksi dengan subtipe lainnya.

Bagaimana caranya mengetahui subtipe dari HPV ini..?? Lakukan pemeriksaan tes HPV untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi virus ini.

Ikuti acara talkshow di 6 RS (lihat seminar awam) untuk menambah pengetahuan anda, dimana pembicaranya adalah para pakar di kebidanan dan kandungan, serta manfaatkan program pemeriksaan HPV-nya

Salam buat Duta Deteksi Dini Kanker Serviks.
@savehercervix

dr Sandy
@doktersandy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s