17th April, Hemophilia World Day

Hemofilia adalah suatu bentuk gangguan sistem pembekuan darah yang diturunkan, dimana seorang penderita hemofilia (selalu terjadi pada laki-laki) bila terluka dan berdarah maka darahnya tidak akan berhenti mengalir (alias sukar membeku seperti pada orang normal umumnya). Menjadi perhatian yang penting bagi seorang penderita Hemofilia dan keluarganya, yakni menghindari terjadinya perdarahan di dalam dan perdarahan pada persendian.

Hemofilia adalah penyakit seumur hidup, dimana bila dilakukan penanganan yang tepat, maka pasien hemofilia dapat aktif dan produktif sebagaimana orang normal.

Ada 3 macam tipe hemofilia, hemofilia A (Paling umum yang diakibatkan oleh kekurangan faktor pembekuan VIII), B (disebabkan kekurangan faktor pembekuan IX), dan C (kekurangan faktor pembekuan XI).

Hemofilia terdiagnosa rata-rata ketika seorang anak masuk bulan ke-9 dan paling sering diketahui ketika ia berusia 2 tahun, dimana anak sudah aktif dan sering terjatuh ketika belajar berjalan yang mengakibatkan adanya luka memar ataupun berdarah yang sukar dihentikan.

Penanganannya segera dikonsultasikan ke dokter spesialis hematologi anak.

Semoga bermanfaat,
dr Sandy
@doktersandy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s