CA 125, penanda kanker ovarium dan rahim

“Dok, hasil tes CA-125 saya tinggi dan ada penebalan di womb lining, dokter saya akan mengambil sebagian jaringan dinding rahim saya untuk diperiksakan…”, apa yang terjadi pada saya yaa? . Saya memiliki 2 anak dan selama ini memakai IUD (alat KB)

CA 125 adalah penanda tumor untuk kanker ovarium dan kadangkala juga kanker rahim, karena CA 125 akan diproduksi oleh sel kanker dari ovarium (indung telur) dan rahim, dan masuk ke dalam darah, sehingga bisa terdeteksi dari pemeriksaan laboratorium.

Sensitifitas dan spesifisitas dari tes CA-125 terhadap Kanker ovarium (indung telur) memiliki keterbatasan.

Untuk spesifisitas, peningkatan CA-125 selain pada kanker ovarium, juga dapat ditemukan pada jenis kanker lainnya, seperti kanker endometrium, saluran indung telur, paru, payudara, dan pencernaan. CA-125 dapat juga meninggi pada keadaan endometriosis, menstruasi, dan hamil, atau penyakit peradangan di sekitar organ produksi.

Untuk sensitifitas, juga ada keterbatasan, karena sekitar 20% kasus kanker ovarium tidak terjadi peningkatan CA-125 dan hanya 50% dari kasus kanker ovarium tahap awal mengalami peningkatan CA-125.

Namun tes CA-125 ini dapat dipakai untuk memprediksi adanya suatu kelainan yang dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Jadi bila tes CA-125 mengalami peningkatan, sebaiknya dicari tahu apa penyebabnya.

Nilai normal CA-125 : 0 – 35 U / mL

Dr Sandy
@doktersandy

8 thoughts on “CA 125, penanda kanker ovarium dan rahim

  1. Iskandar

    Pagi dokter,
    Saya Iskandar, saat ini ibu saya dirawat karena beberapa hari mengalami mual hebat. Hasil USG awal menunjukan bahwa ada tumpukan feses dibagian perut ibu saya, namun karena tidak yakin dengan hasilnya kami memutuskan untuk second opinion dan pindah rumah sakit. Di RS kedua, serangkaian pemeriksaan kembali dilakukan mulai dari USG, pemeriksaan darah lengkap, Rontgen, CA-125, dan terakhir urologi. Di RS ini dari hasil USG ibu saya didiagnosa menderita kista ginjal dan setelah dirujuk ke poliobgyn ibu saya dideteksi ada tumor dirahimnya. Kemudian kami melakukan cek CA-125 dengan hasil 339 (diatas standar). Yang ingin saya tanyakan adalah
    1. Apakah dengan melihat hasil CA-125 yang diatas standar tersebut dapat dikategorikan tumor dengan stadium yang sudah lanjut?
    2. Tindakan lanjut apakah yang paling tepat bagi ibu saya saat ini? Krn sampai hari ini Ibu saya drop namun pengobatan yang dilakukan saat ini hanya terapi oral dan belum menunjukan progres yg signifikan.
    3. Ibu saya juga diminta untuk melakukan tes igra. Apakah ini indikasi sebaran tumor thd organ tubuh lain?
    4. Apakah tindakan operasi akan memicu tumor menjadi lebih ganas?

    Demikian pertanyaan yang dpt saya sampaikan, mohon sarannya. Terima kasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Halo pak Iskandar, turut prihatin dengan kondisi ibu. CA-125 adalah tes untuk penanda tumor (tidak ada hub dengan stadium lanjut). Saya tidak tahu mengapa dokter menyarankan tes igra (tes untuk melihat apakah ada indikasi infeksi TB).

      Saat ini, ibu ditangani oleh dokter apa? Dari informasi yg saya baca, kelihatannya ada massa (tumor), mungkin di rahim atau ovarium. Utk kista ginjal, tidak menyebar namun dapat mengalami gagal ginjal bila terlalu besar dan mengenai kedua ginjal.

      Sebaiknya dilakukan MRI atau CT scan untuk melihat lebih jelas lokasi tumor sebelum operasi. USG kurang bisa dihandalkan dlm hal ini.

      Semoga bemanfaat dan saya turut berdoa untuk kesembuhan ibu.

      Balas
      1. Iskandar

        Halo Dok,
        Terima kasih atas sarannya. Mohon maaf apabila saya kurang detail memberikan informasi. Saat ini ada beberapa dokter yg menangani ibu saya yaitu dokter penyakit dalam dan poliobgyn.
        Hasil konsul terakhir, dokter poliobgyn menyarankan pengobatan CA-125 hanya dengan terapi
        => apakah dengan tindakan terapi saja sudah tepat untuk pengobatan CA-125 yang sdh tinggi kadarnya? Dan dokter poliobgyn jg menyarankan utk tidak melakukan tindakan operasi krn menurutnya tindakan tsb akan semakin mengaktifkan tumornya.

        Setelah kembali dirawat inap, beberap hari ini, Ibu saya juga diminta untuk tes igra karena diduga ada abses diparu2nya.
        => apakah abses ini juga indikasi dari tumor yg sdh menyebar ke paru2?

        Mohon sarannya lagi dok.. Terima kasih.

      2. Iskandar

        Dokter,
        Obat yang digunakan untuk terapi saat ini adalah: imbost, medixson, omeprazon, amlodipin, valsartan 80mg, dmz 5mg, inf R1, Injection ondansetron, inj buscopan. Info tambahan, ibu saya juga sdh di CT-scan. Terima kasih.

      3. doktersandy Penulis Tulisan

        Bagaimana hasil CT Scan nya? Saya lihat obat yang diberikan utk saat ini adalah obat untuk pencernaan dan darah tinggi. Di rawat di RS mana ibu?

      4. Iskandar

        Dokter,
        Berikut beberapa hasil pemeriksaan ibu saya:
        CA125: 339
        HE4:117.3
        CTscan: kista ginjal kanan, massa dicavum pelvis yang mendesak bulike anterior mengesankan myoma uteri, effusi pleura kanan DD: empyema, abses diretrorenal kanan dan spondylosis lumbalis.

        Saya mohon sarannya dok, saat ini ibu saya sangat membutuhkan tindakan lebih lanjut agar terlihat progresnya. Tindakan apa yg tepat yg untuk pengobatan ibu saya skrg ini, agar kami keluarga tidak terlambat menangani penyakitnya..sekarang ini ibu saya dirawat di RSAL mintoharjo.

        Terima kasih.

      5. doktersandy Penulis Tulisan

        Pak Iskandar, tampaknya sakit ibu sangat berat. Maaf, saya curiga ada keganasan yang telah menyebar ke paru. Saya usul untuk dibicarakan dengan dokter yang merawat secara terbuka untuk penyakit ibu. Saya turut prihatin dan bantu dalam doa semoga ibu diberi kekuatan dan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s