Air Seni Berbusa. Apakah Berbahaya?

Di salah satu milis, saya membaca kutipan pertanyaan sebagai berikut, “teman2 salam kenal, saya mau tanya mungkin ada yg bisa memberi penjelasan. Beberapa minggu ini air seni saya berbusa bila pipis tetapi tdak sakit lancar. Saya takut bertanda penyakit, mungkin ada teman2 yg bisa memberi pencerahan untuk masalah saya ini”.

Air seni berbusa? Apa dan mengapa hal ini terjadi?

Busa pada air seni disebabkan oleh adanya protein dengan konsentrasi tinggi di dalam air seni, dimana sewaktu air seni dikeluarkan, protein tersebut bereaksi dengan udara dan ketika air seni menyentuh permukaan air di kloset terlihatlah busa di permukaan air kloset. Cara mengetahui adanya protein dalam jumlah besar terdapat di air seni adalah dengan melihat busa pada air seni selain melalui pemeriksaan laboratorium ~ urinalisa

Konsentrasi protein yang tinggi di dalam air seni dapat disebabkan oleh beberapa hal :

1. Konsumsi protein dalam jumlah tinggi sehingga tidak dicerna dan diserap sempurna oleh tubuh dan akan dikeluarkan melalui air seni. Ketika seseorang mengkonsumsi daging secara berlebihan atau food supplement dengan protein tinggi.
2. Tubuh tidak mampu mencerna protein yang dikonsumsi dengan sempurna. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa obat tertentu.

Dalam keadaan normal dan sehat, urin berbusa hanya muncul kadang-kadang (tidak terus menerus). Apabila urin berbusa muncul terus-menerus dan tidak mengkonsumsi protein secara berlebihan, maka harus diwaspadai terjadinya gangguan fungsi ginjal atau bisa juga disebabkan terganggunya kandung empedu.

Semoga bermanfaat.

Salam,
dr Sandy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s