White-coat hypertension. Apakah itu?

Apakah Anda pernah mendengar seseorang bertanya dengan penuh penasaran, “Mengapa tekanan darah saya selalu meningkat yaaa..? ketika diperiksa di dokter, namun ketika saya periksakan di rumah…ehmmm…tekanan darah saya normal. Apakah alat pengukur tekanan darah di tempat dokter tersebut rusak?… Apa dan mengapa hal ini terjadi?

Keadaan ini disebut White-coat hypertension (hipertensi berjas putih), karena tenaga kesehatan yang memeriksa pasien tersebut kadangkala memakai jas putih.

White coat hypertension terjadi dikarenakan pasien mengalami stres sewaktu datang memenuhi janji untuk kontrol ke dokter. Bila tekanan darahnya mengalami peningkatan hanya di tempat praktek dokter, namun di rumah normal, maka keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan untuk saat ini.

White coat hypertension bisa jadi merupakan alarm bagi pasien tersebut bahwa ia memiliki risiko penyakit tekanan darah tinggi di masa mendatang. Hal ini juga sama terjadi pada pasien dimana tekanan darahnya normal, namun kadangkala mengalami peningkatan pada saat-saat tertentu.

Apakah perlu minum obat? White coat hypertension tidak perlu minum obat, namun harus diwaspadai penyakit tekanan darah tinggi di masa mendatang. Maka untuk itu penting dilakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur. Bila tekanan darah meningkat secara persisten ketika periksa di rumah, maka saat itulah dibutuhkan penanganan dan pengobatan hipertensi.

Semoga bermanfaat.

Salam,
dr Sandy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s