Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan yang disebabkan oleh terganggunya mekanisme pengaturan tekanan dalam pembuluh darah arteri dalam batas-batas normal.

Tekanan darah seseorang dikatakan normal bila tekanan darah sistolik <120 mmHg dan diastolik <80 mmHg.

Prahipertensi bila tekanan sistolik berada antara 120-139 mmHg dan diastolik 80-89 mmHg.

Seseorang disebut hipertensi bila tekanan sistoliknya berkisar antara 140-159 mmHg dan diastolik 90-99 mmHg (hipertensi derajat 1) dan hipertensi berat (derajat 2) bila sistoliknya di atas 160 mmHg dan diastoliknya di atas 100 mmHg

Hipertensi sendiri dapat kita bagi menjadi 3 :
1. Hipertensi primer
2. Hipertensi sekunder
3. Hipertensi accelerated

Jadi…alangkah baiknya dilakukan pemeriksaan tekanan darah Anda secara teratur..Hal sepele namun memberikan manfaat yang besar.

Salam sehat,
dr Sandy

7 thoughts on “Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Sampai tahun 1980, dunia medis memiliki perhatian yang sangat dengan peningkatan Diastolik karena berkaitan dengan penyakit-penyakit seperti jantung, namun sejak tahun 1980, peningkatan tekanan sistolik juga menjadi perhatian karena memiliki risiko yang sama seperti peningkatan tekanan diastolik, dimana berkaitan erat dengan penyakit stroke.

      Keadaan dimana tekanan sistolik meningkat di atas 140 namun diastolik dalam keadaan normal atau di bawah normal (80 atau kurang). Keadaan ini disebut Isolated Systolic Hypertension (ISH). Keadaan ini sering didapatkan pada pasien lansia (lanjut usia).

      Bila posisi tekanan darah di 140 / 80, menurut saya tidak perlu minum obat dulu, namun perlu dikontrol secara teratur tekanan darahnya agar terjaga di posisi sistolik 140 (TIDAK LEBIH) dengan diet rendah garam (BUKAN tidak ada garam) dan olah raga ringan secara teratur. Bila tekanan sistolik di atas 140 maka baru perlu minum obat hipertensi. Obat hipertensi yang diminum juga harus hati-hati dikarenakan jangan sampai mengakibatkan penurunan Diastolik yang sudah rendah.

      Demikian pendapat dari saya. Semoga bermanfaat.

      Balas
  1. Juny. E

    Dokter Sandy Yth, apakah seseorang yg sudah minum obat darah tinggi ..maka seumur hidupnya harus mengkonsumsi obat tersebut? Terimakasih

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Halo ibu Juni,

      Betul sekali… kenapa? karena penyakit darah tinggi tidak dapat sembuh dengan sendirinya (perlu dibantu obat-obatan). Ada beberapa cara yang dilakukan oleh dokter, antara lain melakukan penyesuaian dosis sehingga dosis yang diberikan sangat minim atau dapat juga dilakukan kombinasi obat darah tinggi (2-3) dengan dosis kecil.. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek samping obat. Jangan lupa menjaga pola hidup sehat. Semoga bermanfaat .

      Balas
    2. doktersandy Penulis Tulisan

      Bu Juny yg baik.
      Perlu kita ketahui apa yg menjadi penyebab darah tinggi itu. Sebagian besar penyebabnya tidak diketahui atau sering dimasukkan dalam kategori keturunan. Penyebab yg lain adalah bisa karena ada penyempitan di dalam pembuluh darah, biasanya diakibatkan oleh pola hidup dan makan yg tidak baik dan tidak sehat. Proses ini berlangsung bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun sampai akhirnya muncul manifestasi dlm bentuk peningkatan tekanan darah.

      Tekanan darah tinggi yg tidak terkontrol dapat berpengaruh buruk pada otak, jantung, ginjal dan pembuluh darah sehingga sangat penting kita mengontrolnya agar berkisar dalam batas normal.

      Cara pengontrolan ada beberapa yakni pola hidup, makan yg sehat dan juga dengan obat pengontrol tekanan darah seumur hidup. Cara ini harus dilakukan secara simultan tdk dapat dipisahkan.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bu Juny

      Balas
  2. indah

    selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang hipertensi
    2 tahun yg lalu ketika saya pergi ke dokter tekanan darah saya 140 per berapanya lupa dok. kemudian sekitar setahunan saya ukur lagi jadi 130 per berapanya juga lupa, lalu 2 bulanan kemarin saya ukur lagi naik lagi 140/80.
    apakah itu sudah hipertensi soalnya umur saya masih 17 tahun.
    terimakasih sebelumnya dok

    Balas
    1. doktersandy Penulis Tulisan

      Halo Indah.. Utk usia 17 thn, tekanan 140 cukup tinggi ya.. Bisa disebut hipertensi sedang.. Perlu dicari penyebabnya, bisa saja karena hipertiroid.. Tanda lain pada hipertiroid adl nafsu makan bertambah dan sering berkeringat.. Ada baiknya Indah cek ke spesialis penyakit dalam dan mengukur hormon tiroidnya.. Semoga bermanfaat.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s