Penuan dan Radikal Bebas (4)

Antioksidan sebagai penetralisir (pemadam kebakaran) dari dampak buruk stress oksidatif akibat radikal bebas yang berlebihan.

Antioksidan ada 2 macam :

1. Antioksidan internal (alamiah), yakni antioksidan yang sudah ada dalam tubuh manusia. Ada 3 macam antioksidan alami ini, yakni Superoxid dismutase (SOD) – terpenting, Katalase, dan GPx.
2. Antioksidan external (konsumsi dari luar), yakni Vit A, C, dan E. Perlu dicatat dan diperhatikan bahwa ketiga vitamin ini selain bersifat antioksidan, tetapi juga hasil metabolisme akhirnya menghasilkan radikal bebas. Penggunaan vitamin ini haruslah berhati-hati, apalagi saat ini dosis yang diminum jauh diambang batas ketetapan Internasional.

Kemampuan antioksidan internal (alamiah), dengan bertambahnya usia seseorang kemampuannya akan semakin menurun dan tidak heran hal ini menyebabkan beberapa penyakit degeneratif pada orang lansia.

Oleh karenanya, mari kita menjaga selalu keseimbangan Radikal Bebas dan Antioksidan sehingga tubuh kita semakin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit degeneratif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s