Penuaan dan Radikal Bebas (2)

Radikal Bebas adalah suatu atom, molekul, atau senyawa yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan sehingga sangat reaktif dan memiliki daya rusak yang tinggi.

Dari definisi ini, apakah masih membingungkan kita? Untuk lebih memudahkan pemahaman kita mengenai Radikal Bebas dan dampaknya maka saya akan mengajak anda untuk memahami manfaat dan bahaya Api..yah..betul api!

Api memiliki dua sifat, yakni bermanfaat untuk kehidupan, seperti untuk memasak dan juga dapat merusak, seperti pada peristiwa kebakaran. Radikal bebas memiliki sifat seperti api di dalam tubuh manusia.

Seperti api, kebakaran dan segala kerusakan yang ditimbulkannya akan mengakibatkan kerugian baik materi maupun non-materi, demikian juga Radikal Bebas. Peristiwa “kebakaran” yang terjadi di dalam tubuh manusia yang diakibatkan oleh Radikal Bebas disebut dengan istilah Stress Oksidatif. Kerugian yang diakibatkan oleh Stress Oksidatif (peristiwa kebakaran akibat Radikal Bebas) adalah gangguan/penyakit akibat kerusakan sel, berkurangnya kemampuan sel beradaptasi dengan lingkungannya, dan kematian sel.

Selain kerugian, Radikal Bebas juga memiliki manfaat yang cukup penting bagi kehidupan manusia, yakni pada saat terjadi infeksi, radikal bebas sangat diperlukan untuk membunuh mikro-organisme penyebab infeksi.

Radikal Bebas di dalam tubuh terbentuk pada waktu kita bernafas, berolah raga, adanya peradangan, seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, dan juga ketika terpapar polusi lingkungan (asap rokok, kendaraan bermotor, radiasi, dll). Radikal Bebas haruslah berada dalam keadaan seimbang, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Namun, kenyataannya bagaimana?. Pola hidup yang tidak sehat dan polusi udara/air yang semakin bertambah menyebabkan radikal bebas semakin berlebihan di dalam tubuh manusia!. Akibatnya!… penyakit kanker, jantung, stroke, dan proses penuaan yang semakin cepat semakin mengintai kehidupan manusia di zaman sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s