Penuaan dan Radikal Bebas (1)

Ada 3 hal yang paling sering diperhatikan di dalam kehidupan, yakni Penyakit, Penuaan, dan Kematian, benarkah demikian?

Saat ini kita akan membicarakan dan mengenal lebih dalam mengenai PENUAAN (Aging). Penuaan… Apakah artinya? Penuaan selalu dikaitkan dengan penambahan umur seseorang, semakin bertambah usianya semakin tua orang tersebut. Sebenarnya penuaan itu bisa kita bagi menjadi dua bagian yakni :
1. Penuaan kronologik, yakni penuaan yang dikaitkan dengan usia dan ini mutlak hukumnya.
2. Penuaan biologik, yakni penuaan dalam proses biologis seseorang dan hal ini bisa dimodifikasi dan diatasi sehingga prosesnya dapat berjalan lebih lambat.

Apakah kita pernah mendengar, seseorang berusia di atas 60 tahun namun wajah dan penampilannya tidak kalah dibandingkan orang berusia 50 tahun dan sebaliknya seseorang berusia 40 tahun tetapi wajah dan penampilannya seperti usia 60 tahun ? Hal ini adalah contoh dari kriteria penuaan biologik. Pertanyaannya, “Dapatkah kita memperlambat proses penuaan?.”….

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya percepatan proses penuaan dan faktor yang paling utama adalah akibat kerusakan oleh Radikal Bebas.

“Aging is mainly due to the cumulative results of free radical oxidation of the protein, lipid and nucleic acid of our body”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s