World Kidney Day : Stop Kidney Attack

World Kidney Day (WKD) – Hari Ginjal Dunia – selalu jatuh di bulan Maret, Kamis, minggu ke-2. Tahun 2013 ini, WKD jatuh pada tanggal 14 Maret 2013, dengan tema Stop Kidney Attack.

Penyakit Ginjal Kronis (istilah Gagal Ginjal pelahan-lahan sudah mulai ditinggalkan) dibagi menjadi 4 stadium. Pada stadium 4, fungsi ginjal seseorang sudah di bawah 15%. Adapun penyebabnya adalah Hipertensi & Diabetes yang berlangsung lama dan tidak terkontrol, selain penyebab lainnya seperti infeksi, batu ginjal, dll

Saat ini penangganan penyakit ginjal kronis stadium 4 ada 3 cara, yakni transplantasi ginjal, hemodialisa, dan CAPD. Transplantasi ginjal adalah penanganan yang terbaik, namun donor ginjal di Indonesia masih sangat sedikit.

Di Indonesia sendiri, pertambahan jumlah pasien penyakit Ginjal Kronis yang baru sangat besar, hal ini disebabkan karena kejadian sakit hipertensi dan diabetes (western disease) semakin banyak, juga penyakit infeksi, batu ginjal pun masih besar. Sehingga masalah yang dihadapi sangatlah kompleks.

Bagi pasien yang sudah masuk dalam stadium 4, sangatlah diharapkan untuk mempersiapkan diri menentukan terapi pengganti ginjal mereka (meskipun pasien seringkali merasa sehat dan tidak ada keluhan apa-apa). Hal ini sangatlah penting dikarenakan toksin / racun yang sudah menumpuk dalam tubuh tidak dapat dibuang secara optimal melalui air seni dan dapat merusak organ tubuh lainnya seperti jantung, otak, dll, selain juga akan mempercepat perburukan ginjal itu sendiri

Semoga hal ini dapat bermanfaat dan bila ada pengalaman / pertanyaan bisa disharing melalui blog ini.

Selamat hari Minggu, 17 Maret 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s