Demam Berdarah (Dengue Haemorrhagic Fever)

Saat ini cuaca ‘tidak bersahabat’, hujan disertai dengan udara panas nan terik. Keadaan ini sangat mendukung perkembanganbiakan nyamuk, khususnya nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini adalah pembawa virus dengue yang merupakan cikal bakal penyebab DHF.

DHF atau Dengue Haemorrhagic Fever, sekarang ini semakin ‘aneh’ dilihat dari hasil pemeriksaan laboratorium. Sewaktu kuliah kedokteran, biasanya di hari ke-3 sudah mulai ada perubahan angka-angka laboratorium yang menunjukkan gejala DHF, yakni penurunan trombosit dibawah normal.

Sekarang, sampai hari ke-5 pun tidak menunjukkan perubahan angka di laboratorium (semuanya normal) hanya panas yang tinggi (sampai 39 – 41 derajat celcius). Dan bila ada perubahaan angka laboratorium, itu biasanya ditunjukkan dengan penurunan sel darah putih (lekosit), seperti yang dialami oleh anak teman saya beberapa hari lalu. Penurunan lekosit, biasaya merupakan tanda khas seseorang terinfeksi tifus abdominalis.

Tips sederhana untuk ini adalah bila anggota keluarga Anda mengalami demam yang tinggi (biasanya di atas 39 derajat celcius), kecurigaan pertama adalah terinfeksi virus dengue ini. Berikan pengobatan penurunan demam seperti paracetamol serta kompres air biasa diseluruh bagian tubuh dan minum air putih yang banyak. Lakukan pemeriksaan dengue profile (Trombosit, lekosit, Hb, Ht) dan juga antibodi dengue (IgG dan IgM) sebaiknya dilakukan mulai hari ke-3. Untuk dengue profile lakukan berulang setiap 12 jam dan bila menunjukkan penurunan lekosit, trombosit (lebih dari 30% dari angka trombosit sebelumnya) maka kemungkinan besar adalah tanda DHF.

Angka hematokrit juga perlu diwaspadai, usahakan hematokrit tidak lebih dari normal, karena hal ini menunjukkan adanya dehidrasi relatif (anak kekurangan cairan).

Demikian tips sederhana dan bila ada pengalaman ataupun hal yang ingin ditanyakan dapat langsung melalui blog ini http://www.doktersandy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s